Sejarah Sufi Al-Hallaj

Nama lengkap Al-Hallaj adalah Abu Al-Mughist Al-Husain bin Manshur bin Muhammad Al-Baidhawi, ia lahir di kampung Tur yang bercorak Arab...



Nama lengkap Al-Hallaj adalah Abu Al-Mughist Al-Husain bin Manshur bin Muhammad Al-Baidhawi, ia lahir di kampung Tur yang bercorak Arab dekat Baida bagian selatan Persia, pada tanggal 26 Maret 866M yang bertepatan pada tahun 244 H/858 M. Kakeknya Muhammad, semula adalah penyembah api, pemeluk agama Majusi sebelum kemudian masuk Islam. Dan ganeologis Al-Hallaj ada yang mengatakan masih keturunan Abu Ayyub sahabat Rasulullah SAW. Adapun nama “al-Hallaj” yang digelarkan kepadanya dan bahkan lebih terkenal, ialah karena ayah al-Hallaj adalah seorang penenun kain wool (woolcardec), cucu dari Gebr. Bersama ayahnya, al-Hallaj berimigrasi ke sebuah pusat tekstil di Ahwaz dan Tustar.  Al-Hallaj merupakan syekh sufi abad ke-9 dan ke-10 yang paling terkenal.

Sejak kecilnya, Al-Hallaj telah bergaul dengan para sufi terkenal. Mulai usia 16 tahun, ia berguru kepada tokoh sufi abad ke-3, yakni Sahl bin Abdullah Al-Tusturi. Selama dua tahun ia belajar kepada Al-Tusturi dengan latihan-latihan yang berat. Kemudian pergi ke Basrah (Irak), lalu ke Baghdad. Ia pernah hidup sebagai pertapa bersama guru sufinya al-Tutsuri, amr Al-Makki, dan Junaid Al-Baghdadi, pada waktu 873-879.
Setelah itu, Al-Hallaj pergi mengembara dari satu negeri ke negeri lain, menambah pengetahuan dan pengalaman dalam ilmu tasawuf, sehingga tidak ada seorang syeikh ternama pun yang tidak pernah dimintainya nasihat dan tuntunannya. Dan dalam pengembaraannya itu ia sempat tiga kali menunaikan ibadah haji.
Dari hasil pengembaraannya itu, Al-Hallaj kemudian menemukan pandangan hidupnya sendiri yang berbeda dari para guru sufi yang dimintai fatwanya. Sehingga pada usia 53 tahun, ia ramai menjadi bahan pembicaraan para ulama, terutama karena pandangan sufistiknya yang dinilai membahayakan. Bahkan ulama fikih terkenal, Ibnu Daud al-Isfahani mengeluarkan fatwa bahwa ajaran mistik Al-Hallaj adalah ajaran sesat. Maka dipenjarakanlah Al-Hallaj selama setahun dan kemudian melarikan diri dari penjara atas pertolongan seorang penjaga yang menaruh simpati kepadanya.[1]
Dari penjara Baghdad, al-Hallaj melarikan diri ke Sus wilayah Ahwas. Disini ia menyembunyikan diri selama 4 tahun. Namun pada tahun 301 H/903 M, ia pun tertangkap dan dimasukkan ke penjara lagi slama 8 tahun. Dan pada tahun 309 H/921M, diadakanlah persidangan ulama di bawah kerajaan bani Abbas pada masa kekhalifahan Al-Muqtadir Billah. Maka pada tanggal 18 Dzulhijah 309 H, dijatuhkanlah sebuah hukuman berat bagi Al-Hallaj, yakni berupa hukum bunuh yakni dengan prosesi sebagai berikut :   
a.       Dipukul dan dicambuk menggunakan cemeti.
b.      Disalib
c.       Dipotong kedua tangan dan kedua kakinya.
d.      Dipenggal lehernya.
e.       Semua anggota tubuhnya dibakar dan abunya dihanyutkan ke sungai Dajlah.
Dalam riwayat lain dikatakan, bahwsannya dalam tiang gantungan, Al-Hallaj dicambuk 1000 kali tanpa mengadu kesakitan. Lalu, dipenggal lehernya. Namun sebelum dipancung, ia diberi kesempatan melakukan shalat dua rakaat, baru kemudian kedua kaki dan tangannya dipotong. Badannya digulung dalam tikar bamboo, direndamkan kedalam nafta, kemudian dibakar. Abu mayatnya itu dihanyutkan ke sungai, sedangkan kepalanya dibawa ke Khurasan selanjutnya dipersaksikan kepada khalayak ramai.

wallohu 'alam bisshowab.

Related

Biografi 4802506214181527658

Posting Komentar

KOMENTAR SPAM, SARA, TITIP DAGANGAN, NGAJAK DISKUSI TANPA DALIL MU'TABAR, DISKUSI DENGAN ILMU COPAS . KAMI DELET
*****************************************
Cara isi Komentar:

1. Klik select profile -->> pilih Name/URL.
2. Isi nama Anda dan isi URL dengan alamat Facebook Anda/ kosongkan saja.
3. Klik Lanjutkan.
4. Ketik komentar anda dan klik PUBLISH.
5. Bagi yang belum bisa berkomentar dengan HTML,silahkan klik disini.
6. Komentar yang kurang sopan,Spam/SARA otomatis akan kami hapus.
7. Karna banyaknya komentar spam, maka moderasi & verifikasi captcha kami aktifkan.

Terimakasih atas kunjungan Anda.

Admin www.zonaislam.net

emo-but-icon

item